Bermain Java (J2SE) di Linux Ubuntu Menggunakan IDE Eclipse
Author: putu-shinoda · Published: January 15, 2012 · Category: Algoritma, Pemograman, Tool, Linux Aplikasi, Linux Dasar dan Opensource, Pemrograman Java, Sistem Operasi
Sebelumnya, ane membuat artikel ini murni untuk dokumentasi jika suatu saat lupa dan juga untuk berbagi pengetahuan kepada rekan – rekan lain yang memerlukan.
Belajar pemrograman sebenarnya mengasyikkan, apalagi jika bahasa pemrograman tersebut bisa digunakan dan dipelajari di sistem operasi apapun dan aplikasi (IDE) apapun. Berikut akan ane coba kemukakan cara belajar Java J2SE (versi desktop dan komputer rumahan) di sistem operasi Linux, distro Ubuntu, menggunakan Eclipse. Semua aplikasi, kode, dan sistem operasi yang digunakan ini bersifat open source dan gratis. Ente bisa mencoba juga di distro linux lainnya dengan menyesuaikan beberapa settingan, misal pada saat instalasi aplikasi Eclipse dan Java. Kode Java ini diambil dari buku Dasar Pemrograman Java oleh Abdul kadir. Atau buka Google dan ketikkan manual Java disana, ada banyak tutorial dan contoh kode yang bisa didownload dan dipelajari secara gratis
Pertama, installah Java, dalam hal ini JSDK. Untuk Ubuntu, cukup buka Synaptic di Sistem –> Administrasi –> Manager Paket Synaptic.
Masukkan password root jika diminta, kemudian ketiklah Java. Klik untuk menandai kemudian install. Setelah proses selesai, lakukan hal yang sama untuk Eclipse. Bisa juga menggunakan aplikasi lain, misal Netbeans, Geany, dll. Sama saja, ente cukup mengetikkan nama aplikasi tersebut di Synaptic, centangi, dan install. Sediakan koneksi internet atau gunakan repository lokal di DVD atau harddisk.
Asumsi Eclipse sudah terinstall. Kini buka Eclipse di Aplikasi –> Pemrograman –> Eclipse. Kemudian tentukan area kerja (workspace) di File –> Switch Workspace, misal ane di : /home/putu-shinoda/Desktop/Materi Kuliah S2 Informatika ITB Teknologi Informasi/pemrograman dan aplikasi internet web/kuliah_web_programming/koding
Biarkan Eclipse restart, kemudian setelah muncul kembali, buka File –> New Project. Isikan misal dengan nama BelajarJava. Kemudian klik kanan project BelajarJava tersebut, pilih New –> Class.
Buatlah sebuah kelas baru dengan nama BelajarJava, next, finish.
Isikan di dalamnya dengan kode sebagai berikut :
/*
Program sederhana menampilkan kalimat di Java
*/
class BelajarJava {
public static void main(String[] args) {
System.out.println(“Lagi Belajar Java di Linux Ubuntu”); // menampilkan string
}
}
Setelah selesai, klik kanan, pilih run, pilih run as java application. Maka akan tampil hasil sebagai berikut :
Sudah selesai?
Kayaknya belum deh gan
Tadi tuh kan baru belajar buat spanduk
Nah sekarang buat komputer kita seakan – akan berbicara dengan diri kita, minimal menanyakan nama kita kemudian membalas perkenalan tersebut.
Seperti biasa, masih di project BelajarJava, klik kanan project, lalu buat kelas bernama BacaInput. isikan dengan kode di bawah ini :
/*
Rutin kelas untuk membaca inputan dari keyboard
Hasil berupa String
Jika membuat program dengan input dari keyboard, panggil kelas ini
*/
import java.io.*;
public class BacaInput {
public static String Baca() {
int karakter;
String str =””;
Boolean selesai = false;
while (!selesai) {
try {
karakter = System.in.read();
if (karakter < 0 || (char) karakter == '\n')
selesai = true;
else if ((char) karakter != '\r')
str = str +(char) karakter;
}
catch (java.io.IOException e) {
System.err.println("Maaf boz terjadi kesalahan. Hiks…hiks…");
selesai = true;
}
}
return str;
}
}
Klo udah ingat save
Lalu buatlah kelas utamanya bernama Kenalan
Isikan dengan kode di bawah ini :
/*
Program sederhana untuk berkenalan dengan komputer
Memanfaatkan kelas BacaInput
*/
public class Kenalan {
public static void main(String [] args) {
System.out.print(“Maaf boz, saya pembokat baru di sini. Boleh tahu nama anda siapa? “);
String nama = BacaInput.Baca();
System.out.print(“Salam hormat boz ” + nama + “.” + ” ” + “Saya di sini siap melayani anda ^_^ “);
}
}
Jalankan program utamanya (Kenalan.java), maka akan muncul sperti di bawah ini. Ente cukup memasukkan (ketik) nama ente, tekan enter, dan si komputer tolol akan membalasnya dengan ramah
0 komentar:
Posting Komentar