Pages

Kamis, 31 Mei 2012

Sebuah Panduan untuk IT / IS Profesional

Posted by Bayu Aji On 00.19 0 komentar

Pendahuluan: IT / IS profesional sering dihadapkan dengan kebutuhan untuk memulihkan data dari hard drive rusak secara fisik atau perangkat penyimpanan, namun, mereka sering tidak memiliki pelatihan yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas ini. Makalah ini akan mencakup rincian dan gejala tentang kegagalan drive biasa keras mekanis. Selain itu, makalah ini akan membahas metode-metode tertentu diketahui efektif dalam melawan kegagalan hard drive. Tulisan ini mengasumsikan bahwa Anda telah menerapkan keterampilan kerajinan Anda dan memeriksa kabel data dan listrik atau mencoba metode yang umum untuk menangani partisi yang rusak, catatan boot ... dll

Beberapa kata-kata peringatan: Sebuah insiden hilangnya data dapat menjadi waktu yang sangat emosional bagi siapa pun yang menghargai data atau memiliki tanggung jawab untuk menjaga itu kesejahteraan. Seluruh portofolio digital sebuah perusahaan atau seumur hidup seseorang kerja keras mungkin dalam keseimbangan antara upaya pemulihan data yang sukses dan usaha yang gagal. Penerapan yang tepat dari teknik pemulihan data adalah praktek metodis dan halus. Mencoba untuk menerapkan teknik pemulihan data sementara dalam keadaan emosional atau tanpa latihan yang benar adalah resep untuk bencana.  

Metode yang dibahas di sini telah terbukti berhasil bagi ribuan insiden pemulihan data. Banyak metode pemulihan sangat bergantung pada diagnosa yang tepat dari masalah (s) yang mempengaruhi hard drive. Jika salah diagnosis dibuat dan metode yang salah dari pemulihan data diterapkan, total dan tetap kehilangan data bisa menimpa Anda atau klien Anda.

Mengambil lihat ke dalam: Hard drive berkumpul di kamar yang bersih (bersih daripada kamar bedah) dan kemudian disegel. Piringan hard drive berputar dengan kecepatan 4.200 hingga 10.000 rotasi per menit. Membuka hard disk drive untuk memeriksa isi, oleh siapa saja tetapi personil yang terlatih dalam lingkungan yang terkendali, dapat menyebabkan kontaminasi dari media magnetik. Kerusakan dapat terjadi karena membaca / menulis kepala bergerak pada jarak yang sangat dekat dengan piringan hard berputar keras. Sebagai spin piring-piring, hanya masalah waktu sebelum kepala datang ke dalam kontak dengan debu atau kotoran di piring. Pada titik ini, dampaknya akan terjadi, permukaan piring yang mengandung media magnetik akan menjadi rusak dan data yang terkandung dalam media magnetik akan hilang selamanya.

Jaminan: Meskipun sering membawa pendapatmu yang terakhir pada setiap IT / IS pikiran profesional selama situasi krisis, Anda harus tahu bahwa tindakan fisik memanipulasi setiap perangkat penyimpanan media digital akan, paling sering, garansi tidak berlaku pembuatan itu. Jika garansi tersebut adalah tidak sah, IT / IS direktur atau klien Anda kini telah kehilangan data berharga mereka dan akan ditolak cakupan jaminan untuk mengganti perangkat keras. Selama insiden hilangnya data yang paling Anda mungkin hanya memiliki satu kesempatan untuk memulihkan data yang hilang. Anda harus menahan godaan untuk mencoba "satu trik" dan tahu kapan saatnya menghubungi spesialis pemulihan data.


Gejala dan Teknik:

GEJALA # 1: hard disk drive menampilkan tanda-tanda kekuasaan dan / atau tidak ada suara dari drive "Memutar".
DESKRIPSI: Dalam hal ini, Anda memiliki drive hard disk yang terpasang dengan benar ke kabel Molex dari urutan kerja dikenal dan Anda telah memeriksa fungsi pita data, tetapi tidak ada suara dari drive bergerak dalam kasusnya. Indikator cahaya (jika ada) di papan logika tidak menyala, menunjukkan bahwa hard disk drive tidak menerima daya. Anda juga harus memeriksa dewan logika tanda-tanda oksidasi cepat. (Gambar A) Hal ini tidak terlalu jarang untuk komponen dewan logika untuk mulai membara dan terbakar. Ada beberapa alasan untuk ini, seperti lonjakan listrik atau kegagalan power regulator berfungsi dengan baik. Dalam kebanyakan kasus, adalah mungkin untuk melihat lokasi pada dewan logika yang telah menerima kerusakan.
SOLUSI: Cari dewan logika dari sebuah disk drive identik keras dan mengganti papan rusak dengan papan berfungsi dikenal logika. Pencocokan make, model, dan bahkan nomor Lot dari drive juga akan bermanfaat. Pastikan untuk memeriksa di bawah dewan logika rusak. Jika Anda menemukan tanda-tanda kerusakan pada node spindle transfer data (Gambar B) atau bagian lain dari unit drive, Anda mungkin memiliki masalah yang bahkan lebih serius maka pertama diantisipasi. Jika Anda tidak nyaman dengan praktek ini, hubungi spesialis pemulihan data segera.


Foto A - Tanda-tanda oksidasi cepat pada logika papan
dsc02566
Foto B - Transfer data simpul (Grey kotak, sebelah kiri)

GEJALA # 2: Kekuatan hard disk drive up & kemudian berputar terus-menerus dengan suara keras berliku.
DESKRIPSI: Dalam hal ini unit hard drive kekuasaan atas dan tampaknya terlepas dari kontrol. Drive mungkin atau mungkin tidak me-mount. Jika tidak meningkat, kemungkinan besar akan menjadi sporadis dalam operasi yang sukses. Gejala ini sering menunjukkan kegagalan regulasi tegangan yang parah. Gejala ini juga bisa disebabkan oleh kerusakan komponen dalam drive.

SOLUSI: Cari papan logika dari disk drive identik keras, menjadi tertentu untuk mencocokkan make, model, dan nomor banyak jika memungkinkan. Ganti dewan logika drive masalah dengan papan berfungsi diketahui. Hubungi spesialis pemulihan data jika Anda memiliki keraguan.


GEJALA # 3: Kekuatan hard drive dan kemudian angin ke bawah, tidak responsif.
DESCRIPTION: The hard disk drive akan kuasa atas, Anda dapat mendengar angin satuan dan kemudian tiba-tiba kekuatan bawah. Unit ini mungkin atau tidak mungkin kekuatan lagi. Ini tidak akan biasa bagi harddisk dalam kondisi ini berfungsi untuk jangka waktu dan kemudian gagal lagi. Kemungkinan bahwa drive dalam kondisi ini menderita suatu pakan daya tidak konsisten. Pasokan daya rendah atau tidak konsisten sering dapat menyebabkan kerusakan lebih dari catu daya lebih atau gelombang pasang.

SOLUSI (A): Hapus dewan logika dan tanah itu terpisah dari unit hard drive. Tanah hard disk drive ke salah satu jalur landasan elektrostatik. Pasang kembali board logika dan kemudian mencoba menggunakan drive lagi. Jika drive harus kekuasaan dan meningkat, mulai menyalin data ke tempat yang aman, Anda akan memiliki hanya waktu yang singkat untuk melakukannya sebelum drive gagal lagi. Kondisi ini sering disebabkan oleh listrik statis gigih dan reoccurring atau dewan logika tidak dapat menghasilkan feed daya diatur.

SOLUSI (B): Temukan sebuah dewan logika identik (menjadi tertentu untuk mencocokkan membuat, model, dan nomor lot) dan mengganti dewan logika masalah. Jika kekuatan satuan ke atas, mulai menyalin data dengan terburu-buru, Anda mungkin tidak punya banyak waktu tersisa sebelum unit gagal lagi. Sebuah hard disk drive yang menderita kerusakan akibat fluktuasi daya juga dapat memiliki kerusakan pada aktuator (motor) dalam unit itu sendiri; komponen ini rusak dapat menyebabkan kerusakan bahkan papan logika baru. Hubungi spesialis pemulihan data untuk bantuan tambahan.


GEJALA # 4: Unit hard drive memancarkan suara klik sesekali.
DESCRIPTION: ini sangat umum dan sering diabaikan tanda kegagalan hard dekat. Salah satu poin untuk mengunci lengan Cam / Actuator telah berfungsi dan ayunan lengan terlalu lebar, menyebabkan ia memukul terhadap perumahan drive unit dalam atau blok berhenti, yang biasanya terbuat dari plastik. Karya drive paling mungkin dan volume sudah terpasang dan berfungsi sempurna. Kondisi ini mendorong rasa aman palsu dan sering akan menyebabkan user untuk mengabaikan tanda-tanda peringatan yang jelas. Data harus disalin dari drive ini tanpa penundaan. Drive kemungkinan besar akan gagal segera, meskipun bisa berfungsi selama beberapa bulan, gagal tanpa peringatan pada waktu yang diketahui.

SOLUSI (A): Copy data dari drive jika unit masih fungsi dan membuang drive masalah.

SOLUSI (B): Jika drive berhenti berfungsi, lengan cam / aktuator memiliki kemungkinan menjadi terkunci pada posisinya. Untuk sementara memperbaiki kondisi ini, coba ringan menekan sisi unit hard drive, yang bertepatan dengan sisi luar dari lengan cam / aktuator, dengan palu karet keras. Untuk melakukan ini, Anda harus memiliki pengetahuan tentang desain hard drive mekanis. Konsultasikan memproduksi 'dokumentasi sebelum melanjutkan dengan solusi ini. Pastikan untuk tekan ringan sekali dan kemudian mencoba drive lagi. Tapping di moderasi adalah kuncinya. Jangan terlalu menekan drive atau memukul terlalu keras, karena banyak masalah hard drive dapat dibuat lebih buruk dengan menekan drive terlalu keras dan / atau terlalu sering. Pada beberapa kesempatan, saya telah menemukan data pembaca kepala terpental sekitar dalam unit perumahan hard drive yang disebabkan oleh penggunaan yang tidak benar dari teknik ini. Praktek ini sebaiknya diserahkan kepada spesialis pemulihan data.


GEJALA # 5: Unit hard drive memancarkan suara klik KONSTAN.
DESKRIPSI: Dalam hal ini cam / aktuator lengan hard drive mungkin telah rusak dari titik penguncian dan yang berayun bebas dalam drive atau berayun lebar. Ini juga bisa disebabkan oleh kegagalan dari motor servo. Drive mungkin tidak me-mount dan tampaknya tidak berfungsi menerima untuk suara mengklik keras. Dalam keadaan ini, drive tidak dapat membaca atau menulis, ke atau dari, media digital pada drive piring.

SOLUSI: Hal ini dimungkinkan, dalam kondisi yang terkendali, untuk menghapus kasus perumahan drive dan menemukan komponen yang telah gagal. Hati-hati mengganti komponen ini akan sering kali memungkinkan drive berfungsi untuk terakhir kalinya untuk memfasilitasi pemulihan data. Anda menebak itu, ini hard drive perlu pergi spesialis pemulihan data ASAP.


GEJALA # 6: Kekuatan Unit hard drive, tetapi drive tidak meningkat, dan tidak ada data discernable membaca / menulis suara.
DESCRIPTION: Kondisi ini sering disebabkan oleh overheating dan terjadi ketika panas yang berlebihan menyebabkan satu atau lebih komponen dalam untuk memperluas dan menempel pada komponen lain atau ke unit perumahan itu sendiri. Kondisi ini akan menyebabkan dorongan untuk berhenti membaca atau menulis data. Hal ini tidak biasa untuk unit untuk muncul sebagai drive dipasang di bawah jendela ketika kondisi ini ada, namun, tidak ada folder atau file akan ditampilkan. Sebuah prompt untuk memformat drive bahkan dapat ditampilkan, tetapi sistem kemungkinan besar akan mengunci ketika mencoba untuk mengakses volume.

SOLUSI: Untuk membebaskan komponen panas diperluas (s), menempatkan hard disk drive ke dalam kantong antistatik memastikan untuk menghapus udara sebanyak mungkin sebelum penyegelan tas. (Menggunakan alat vakum-sealing dianjurkan.) Jika drive unit panas, biarkan hingga dingin ke suhu kamar sebelum menempatkannya ke dalam kantong antistatik. Setelah hard disk aman disegel dalam tas, tempat ke dalam freezer selama dua puluh atau tiga puluh menit. Drive tas dan suhu kamar tertutup rapat memungkinkan untuk pengurangan kondensasi. Setelah tiga puluh menit, menghapus hard disk drive dari freezer dan biarkan duduk selama lima sampai sepuluh menit dalam tas. Lepaskan drive dari tas dan cepat mencoba untuk memulihkan data dari unit. Jadilah prompt untuk menyalin data, karena tidak akan lama sebelum drive memanas lagi dan gagal.


GEJALA # 7: Kekuasaan hard drive dan suara gesekan itu terdengar.
DESKRIPSI: Dalam hal ini membaca / menulis kepala atau lengan telah rusak atau lepas dan menggores media digital pada drive piring (s).

SOLUSI: STOP menggunakan drive ini segera. Suara gesekan yang Anda dengar, kemungkinan besar, berarti sudah terlambat untuk setiap pemulihan data berarti. Suara gesekan adalah membaca / menulis kepala yang berdampak dengan drive piring. Membaca / menulis kepala yang menggores media magnetik dari drive piring dan melemparkan puing semua tentang unit perumahan hard batin, semakin menambah masalah. (Lihat foto C). Jika kondisi ini hanya terjadi, dan kerusakan kecil telah terjadi ke media digital derai drive magnetik, adalah mungkin untuk menghapus membaca rusak / menulis lengan dan menggantinya dengan lengan baik yang dikenal. Pembersihan luas dan rumit akan diperlukan untuk menghilangkan kotoran dari piring-piring drive dan drive unit perumahan. Tingkat pemulihan data yang berhubungan dengan jenis gejala sangat rendah. Drive segera harus dijaga dan dirawat oleh spesialis pemulihan data ASAP.
 
 

(Gambar C)
Mendorong piring rusak dari dampak membaca / menulis kepala.


GEJALA # 8: Hard drive telah terkena kerusakan air.
DESCRIPTION: Dalam hal ini Anda memiliki drive hard disk yang telah direndam dalam atau terkena air. Bahkan jika drive telah dihapus dari air dan tampak kering, jangan mencoba untuk kekuasaan drive up. Jika drive berjalan pada saat paparan, adalah mungkin bahwa dewan logika telah rusak diperbaiki. Semua hard drive memiliki port ventilasi, mereka kecil dan biasanya diatur oleh jenis penutup kontrol yang memungkinkan udara untuk melarikan diri, tapi tidak memungkinkan untuk debu dan kotoran masuk. Kemungkinan besar bahwa flap ini mencegah air memasuki unit perumahan drive dan mencapai media digital pada piringan hard.

SOLUSI: Hal ini dimungkinkan, dalam kondisi yang terkendali, untuk benar mengeringkan kelembaban yang tersisa dan tak terlihat pada drive, mengganti dewan logika, dan memulihkan data. Untuk meningkatkan kemungkinan Anda untuk pemulihan data, dan mengurangi risiko merusak atau mencemari dewan logika selama penanganan atau penghapusan, memberikan dorongan untuk spesialis pemulihan data segera.

SYMPTON # 9: Unit hard drive telah terkena api.
DESKRIPSI: Dalam hal ini hard drive telah rusak oleh api. Bagian-bagian yang paling halus dari drive memiliki kemungkinan sudah meleleh atau rusak untuk beberapa derajat. (Lihat foto D). Banyak orang hanya menyebutnya sebagai penyebab hilang pada saat ini tetapi tidak begitu cepat, masih ada harapan.

SOLUSI: drive ini sangat membutuhkan serius jika pemeriksaan oleh ahli pemulihan data profesional. Upaya untuk mengganti dewan logika dan daya unit hingga bisa menyebabkan peningkatan kerusakan. Logam mengembang bila terkena panas. Kadang-kadang tertular ketika dingin, tetapi tidak ada jaminan. Seorang ahli pemulihan data mungkin dapat memanipulasi drive, mengganti bagian-bagian mana yang diperlukan dan bahkan menghapus piring-piring untuk pemulihan data berhasil.
(Gambar D)
Hard disk drive rusak oleh api.

Catatan Pengarang: Berbagai metode yang diuraikan dalam makalah ini merupakan pendapat profesional penulis dan didasarkan pada lebih dari satu dekade pengalaman dalam pemulihan data. Meskipun metode ini telah memungkinkan penulis untuk berhasil memulihkan data dalam ribuan kasus, mereka TIDAK dirancang untuk menjadi pengganti untuk upaya pemulihan data profesional. Tidak ada jaminan atau garansi apapun jenisnya yang ditawarkan maupun tersirat.
 

0 komentar:

Posting Komentar